Wujudkan Program Prioritas 55 Aksi Desa, Bunda Dewi Kunker ke Pematang Sawa

Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani meresmikan Puskesmas Rawat Inap Pekon Martanda Kecamatan Pematangsawa disela kunjungan kerjanya di kecamatan tersebut. -Foto Diskominfo

Medialampung.co.id – Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Pekon Martanda Kecamatan Pematangsawa, Selasa (28/12). 

Kunker Bupati tersebut dalam rangka mewujudkan 55 Aksi Desa Asik yang merupakan program prioritasnya.

Bacaan Lainnya


Kedatangan bupati beserta rombongan disambut gembira dan antusias oleh masyarakat, yang ditandai dengan arak arakan dan Pincak Khakot secara adat Lampung Saibatin. 

Mengawali kegiatannya, Dewi meninjau proses perekaman E-KTP dan pembuatan akta kelahiran yang dilakukan secara jemput bola oleh petugas Disdukcapil. Lalu pelaksanaan vaksinasi Covid-19, peresmian Puskesmas Rawat Inap Pekon Martanda, peninjauan pelayanan pengobatan gratis, khitanan massal serta Launching Penggunaan Internet BAKTI Kominfo. 

Pada Launching Penggunaan Internet BAKTI ini diikuti juga secara virtual oleh Direktur Infrastruktur BAKTI (Badan Aksesibilitas Teknologi Informasi) Kementerian Kominfo Bambang Nugroho, mewakili Dirut BAKTI Anang Latif, yang sebelumnya tidak mungkin dilakukan dari Pekon Martanda, Kecamatan Pematangsawa. 

Dalam sambutannya, Dewi menyampaikan ucapan terima kasih kepada BAKTI Kemenkominfo, atas telah direalisasikannya 30 unit internet BAKTI dari 72 lokasi usulan yang disampaikan oleh Pemkab Tanggamus, sebagai solusi permasalahan blankspot di wilayah Kabupaten Tanggamus. 

“Kami mengucapkan banyak terima kasih, karena memang di Kabupaten Tanggamus masih banyak daerah daerah yang blank spot, sehingga adanya jaringan telekomunikasi ini sangat diharapkan oleh masyarakat,” kata Dewi Handajani.

Dilanjutkannya, dengan tersedianya akses telekomunikasi, maka pertumbuhan ekonomi masyarakat akan lebih baik lagi. “Yang pada akhirnya akan menjadi daya dukung bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Selanjutnya, ia juga berharap agar pada tahun 2022 yang akan datang, selain pembangunan unit internet di wilayah blank spot Kabupaten Tanggamus. Juga dapat dibangun Base Transceiver Station (BTS) agar tersedia akses telekomunikasi yang lebih baik.

“Dengan WiFi internet inipun kami sudah Alhamdulillah. Namun kami tetap berharap untuk pembangunan BTS nantinya dapat terakomodir,” kata bunda Dewi.

Dalam kesempatan tersebut, bunda Dewi juga menyinggung mengenai jaringan listrik desa di Pekon Martanda yang saat ini masih terus berproses.

“Listrik desa untuk Pekon Martanda masih terus berproses, sampai saat ini pemasangan infrastruktur baru sampai di Pekon Karang Brak. Kita berharap pemasangan sarprasnya bisa dipercepat,” pungkasnya.

Sementara Direktur Infrastruktur BAKTI, Bambang Nugroho, dalam sambutannya menyatakan bahwa BAKTI Kementerian Kominfo berupaya meningkatkan program transformasi digital di seluruh wilayah Indonesia. 

“Kita berharap wilayah-wilayah desa seluruh Indonesia bisa mendapatkan akses internet. Harapan saya juga bantuan yang diterima dapat dijaga agar layanannya tetap baik,” pungkas Bambang. 

Usai kegiatan launching WiFi Internet, Dewi juga menyerahkan secara simbolis KTP dan akta kelahiran, bibit alpukat serta membagikan seragam batik untuk para kader Posyandu. 

Turut mendampingi bupati dalam kegiatan tersebut, Ketua DWP Tanggamus Nuraini Lubis, sejumlah kepala OPD, camat, dan Ketua Apdesi Pematangsawa Apriyal.(ehl/rnn/mlo)


Pos terkait