WWF Ajak Penyangga TNBBS Study Banding ke Jawa Timur

  • Whatsapp
Sejumlah masyarakat di enam pekon di Kabupaten Pesbar melaksanakan study banding bersama WWF ke Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Provinsi Jawa Timur - Foto Dok

Medialampung.co.id – Sebanyak enam pekon di Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), yang masuk dalam penyangga wilayah Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) di kabupaten setempat, mengikuti study banding yang di laksanakan oleh World Wide Fund for Nature (WWF) ke Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, di Provinsi Jawa Timur.

Kegiatan itu untuk memberikan pembinaan kepada masyarakat tentang pengelolaan kawasan hutan dan perkebunan yang berbatasan langsung dengan TNBBS di Kabupaten Pesbar.

Bacaan Lainnya



Peratin Pekon Penengahan, Yasir Arfat yang ikut serta dalam kegiatan itu mengatakan, dalam studdy banding itu terdapat enam pekon yang turut serta yakni Pekon Penengahan, Labuhan Mandi, Ulok Mukti, Sukabanjar, Paku Negara, dan Pekon Pemerihan.

“Enam pekon yang mengikuti study banding yang dilaksanakan oleh WWF kali ini merupakan pekon penyangga kawasan TNBBS, sehingga masyarakat bisa paham tentang konservasi hutan,” kata dia.

Dijelaskannya, kegiatan itu merupakan salah satu upaya pemberdayaan masyarakat yang memiliki areal perkebunan di dalam daerah penyangga kawasan TNBBS, dengan harapan dapat bersama-sama menjaga kawasan TNBBS dari kegiatan perambahan atau perusakan hutan.

“Dalam kunjungan ke kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, kami diajak melihat kondisi dan aktivitas masyarakat di sana, dengan harapan bisa diterapkan di daerah penyangga TNBBS,” jelasnya.

Menurutnya, dalam kunjungan itu masyarakat diajak untuk berkeliling melihat kondisi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, begitu juga dengan kondisi hutan dan areal perkebunan yang menjadi daerah penyangga taman nasional itu.

“Diharapkan masyarakat yang memiliki areal perkebunan sebagai daerah penyangga TNBBS bisa bersama-sama menjaga kawasan hutan dan melakukan kegiatan konservasi,” tandasnya. (yog/d1n/mlo)



Pos terkait