YBU Suoh Gelar Upacara-Karnaval di Hari Pahlawan 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Ratusan siswa-siswi RA, MI hingga MTs yang tergabung dalam Yayasan Baitul Ulum (YBU) Kecamatan Suoh, Kabupaten Lampung Barat memeriahkan peringatan hari pahlawan dengan mengadakan upacara dan karnaval perjuangan. 

Dengan mengenakan pakaian khas daerah serta pakaian yang dikenakan para pejuang tempo dulu, para siswa dan siswi berjalan dengan tertib melewati rute sejauh sejauh 1 kilometer (Km).

Bacaan Lainnya

Kasi Penmad Mukip Zaman, S.Pd.I, M.M, mendampingi Kepala Kantor Kemenag Lambar Maryan Hasan, S.Ag, M.Pd.I, menyampaikan apresiasi atas inisiatif jajaran pengurus Yayasan Baitul Ulum di kecamatan suoh. Menurutnya, Kegiatan ini menjadi salah satu perwujudan penanaman pendidikan karakter pada anak usia sekolah terutama membangun rasa nasionalisme.

“Tentu ini menjadi sarana untuk menanamkan jiwa nasionalisme kepada para generasi penerus, sehingga setiap tahun kegiatan ini dapat digelar sebagai bentuk penghormatan untuk mengenang jasa para pahlawan dalam memperebutkan kemerdekaan RI, terutama pada peristiwa bersejarah pada 10 November 1945 silam,” kata Mukip.

Di kesempatan itu, ia mengingatkan bahwa generasi yang ada saat ini diharapkan dapat meneruskan semangat para pahlawan, karena kemerdekaan bukan sebuah hadiah yang diberikan, tetapi diraih dengan pengorbanan dari para pahlawan.

“Saat ini memang sudah berbeda zaman, kalau dulu berjuang dengan senjata, maka saat ini kita harus berjuang dengan pikiran, teknologi serta kemajuan-kemajuan yang ada di lingkungan kita,” pesannya.

Sekadar diketahui, kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan mewajibkan seluruh peserta memakai masker dan menjaga jarak. Sementara, penampilan para peserta juga tak tanggung-tanggung mengenakan busana unik dari berbagai daerah sekaligus mengangkat karakter para pahlawan nasional, TNI-Polri hingga setelan jas ala Presiden Ir soekarno, bung hatta serta tokoh pahlawan lainnya.(edi/mlo)

Pos terkait