Yones Pimpin Simulasi Pengisian Data Kuesioner SDGs Desa

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Camat Pagardewa, Kabupaten Lampung Barat M. Yones, S.Stp, M.H., bersama pendamping desa tingkat kabupaten, kecamatan dan pekon, melakukan simulasi pengisian kuesioner data SDGs Desa yang diikuti oleh Pokja, Relawan SDGs Pekon itu di aula kantor kecamatan setempat, Senin (12/4). 

SDGs Desa adalah pola pembangunan yang menggunakan prinsip berkelanjutan seperti yang ‘kita’ ketahui, SDGs Desa merupakan prioritas dari kementrian desa untuk menentukan arah pembangunan desa.

Bacaan Lainnya



Uniknya pada acara simulasi tata cara pengisian kuesioner dipandu langsung oleh Camat M. Yones didampingi Tenaga Ahli Kabupaten Anton Hilman, S.Si., dan Pendamping Desa.

Dalam sambutannya Yones menyampaikan, bahwa mengetahui tolak ukur potensi dan perkembangan desa adalah data yang akurat.

“Seperti contoh data SDGs Desa ini, kita bisa mengetahui data pendapatan penduduk per Kepala Keluarga (KK) secara rinci di wilayah pekon masing-masing, yang bisa diakses siapapun secara Online dengan aplikasi berbasis android,” paparnya.

Maka data SDGs Desa tersebut bisa menjadi rujukan pekon untuk menentukan arah Pembangunan Pekon kedepan. 

Ditambahkan olehnya, program kecamatan digital yang digagas bersama peratin sejak dua tahun lalu, terkendala dengan prioritas dana untuk penanggulangan covid.

“Jika melihat kuisioner untuk level Kepala Keluarga (KK) dan jiwa/individu, ini sangat detail. dan pekon yang sudah siap harapannya dapat menginput data-data tersebut ke website pekon,” terangnya.

Data penduduk, data ekonomi desa, data kesehatan warga, data penghasilan warga, semua ada. 

Sehingga dengan kegiatan ini perencanaan dan pelaksanaan pembangunan pekon akan berbasis data.

Sementara ditambahkan Koordinator Kabupaten Anton Hilman bahwa yang terjadi di Kecamatan Pagardewa hari ini unik, camat bukan hanya mendampingi tapi langsung memberikan instruksi dalam simulasi pnggunaan aplikasi SDGs Desa.

Pihaknya berharap semoga kegiatan ini mempercepat proses persiapan Kecamatan Pagardewa menjadi kecamatan digital.

Banyak inovasi kegiatan dari Kecamatan Pagardewa, bumdes bersama, pangan mandiri, kerajinan-kerajinan olahan dan lainnya, dan sebagai target pendataan SDGs Desa selesai pada Bulan Mei 2020. (r1n/mlo)



Pos terkait