Yuk Kenali Beda Posisi Sakit Ginjal dan Sakit Punggung

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Bertepatan dengan Hari Ginjal Sedunia yang jatuh pada tanggal 12 Maret 2020 hari ini, ada beberapa tips nih buat kamu agar lebih waspada dan cepat tanggap terhadap penyakit berbahaya tersebut.

Karena posisi ginjal yang berada di punggung dan di bawah tulang rusuk, mungkin sulit bagi kita untuk mengetahui apakah rasa sakit yang dirasakan di daerah tersebut berasal dari ginjal atau punggung.

Bacaan Lainnya



Dilansir dari Healthline, sakit ginjal akan terasa di panggul, yaitu area di kedua sisi tulang belakang, tepatnya antara bagian bawah tulang rusuk dan pinggul. Biasanya terjadi pada satu sisi, namun dalam beberapa kondisi bisa terjadi pada keduanya.

Apabila kamu menderita batu ginjal, nyeri yang ditimbulkan akan terasa tajam. Selain itu, rasa sakitnya mungkin bertambah ketika melakukan pergerakan yang melibatkan area tersebut. Kadang, rasa sakit yang ditimbulkan oleh ginjal menyebar ke paha atau perut bagian bawah.

Selain itu, efek samping yang ditimbulkan dari sakit ginjal antara lain demam, kedinginan, mual, muntah, urin keruh atau gelap dan kadang mengandung darah, semakin sering buang air kecil dengan rasa sakit, serta batu ginjal kecil terlihat seperti kerikil pada urin.

Sementara nyeri punggung bersifat lebih umum karena disebabkan oleh otot, tulang, atau saraf di punggung. Lokasinya berada di mana saja namun yang paling sering adalah punggung bagian bawah.

Apabila saraf terluka atau iritasi, rasa sakitnya seperti terbakar di punggung dan merambat ke kaki. Namun nyeri punggung tak akan bertambah parah apabila melakukan pergerakan tubuh.

Gejala lain yang ditimbulkan oleh nyeri punggung antara lain adalah kejang otot di daerah yang sakit, serta mati rasa atau lemah pada salah satu atau kedua kaki.

Nah, itu di beberapa perbedaan mencolok antara sakit ginjal dan punggung. Apabila ada tanda-tanda sakit ginjal, yuk segera periksakan diri ke dokter.

Untuk penanganan awal, kamu bisa membeli beberapa produk pereda nyeri punggung atau otot yang tersedia pada layanan GrabHealth. Caranya adalah masuk ke aplikasi Grab, kemudian pilih GrabHealth dan masuk lagi ke menu Buy Health & Beauty Products. (detik/mlo)



Pos terkait