Zaiful Apresiasi Kinerja Petugas Damkar

  • Whatsapp
Bupati Lamtim Pimpin Upacara HUT Damkar. - Foto protokol Lamtim/mlo

Medialampung.co.id – Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari menjadi pembina Upacara dalam rangka HUT ke-101 Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, Senin (2/3).

Saat membacakan amanat Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Zaiful Bokhari mengatakan, sebagai perangkat daerah yang menjadi barisan terdepan dalam memberikan perlindungan terhadap masyarakat.

Bacaan Lainnya



Pemadam kebakaran telah menunjukan kinerja yang luar biasa. Selalu hadir dalam setiap kejadian yang membahayakan kondisi manusia.

“Damkar bertugas melebihi jam kerja ASN pada umumnya dengan membangun kesiapsiagaan selama 24 jam tanpa mengenal hari libur. selalu berupaya memberikan pertolongan dalam tenggat waktu respon 15 menit. Kemudian, bekerja dengan mempertaruhkan keselamatan pribadi. Selanjutnya, selalu berusaha menyelesaikan tugas secara sempurna dengan memegang teguh moto Pantang Pulang Sebelum Padam,” beber Zaiful.

Dalam Amanat tersebut juga disampaikan bahwa penyelenggara Damkar dan penyelamatan seharusnya diwadahi oleh perangkat daerah yang mandiri menjadi satu dinas tersendiri.

Bahkan secara tegas dalam PP No.18/2016 tentang perangkat daerah menyatakan bahwa penyelenggara Damkar adalah dinas daerah provinsi dan dinas daerah kabupaten/kota yang menyelenggarakan sub urusan kebakaran.

Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh petugas damkar atas desikasi dan loyalitasnya membantu masyarakat dalam menangani musibah khususnya kebakaran.

“Semoga kedepan petugas damkar ini dapat lebih meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat dan responsif terhadap kejadian yang terjadi ditengah-tengah masyarakat,” kata Zaiful.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lampung Timur Mashur Sampurna Jaya, mengatakan, mengingat Kabupaten Lampung Timur Wilayahnya sangat luas maka pihaknya berencana mengajukan penambahan mobil damkar.

“Saat ini kami hanya mempunyai dua unit mobil damkar, karena Lampung Timur ini luas maka kami berencana akan mengajukan penambahan empat unit lagi. Sehingga minimal BPBD punya enam Unit mobil Damkar,” kata Mashur. (dwi/mlo)



Pos terkait